S P A S I

Rabu, 01 Juli 2015

Monogami

Secara tidak sengaja saya membaca surat seorang wanita di facebook, menjelaskan tanggapannya tentang monogami. Awalnya wanita tersebut sangat benci monogami, tetapi karena sudah tua dan ingin menikah, tetapi tidak kunjung dapat jodoh, akhirnya dia dilamar seorang laki-laki yang sudah beristri. Karena keinginannya untuk menikah diterimalah tawaran tersebut, meskipun menjadi istri ke dua dan pada akhirnya dia mendukung poligami, yang awalnya sangat dia tentang.

Cerita diatas adalah salah satu gambaran dari banyak kejadian yang pro poligami, bila dihitung secara statistik memang jumlah wanita di bumi lebih banyak dibandingkan laki-laki, apakah dengan begitu, kita bisa katakan bahwa poligami adalah kehendak Tuhan ?

Saya mempunyai pendapat berdasarkan Firman Tuhan, dari awalnya manusia diciptakan Tuhan berpasang-pasangan. Manusia permulaan adalah Adam dan Hawa. Manusia diciptakan Tuhan pada awalnya monogami. Laki-laki hanya mempunyai satu istri. Tuhan Yesus, ketika di bumi, juga pernah memberikan perintah Mat

Jawab Yesus: "Tidakkah kamu baca, bahwa Ia yang menciptakan manusia sejak semula menjadikan mereka laki-laki dan perempuan? Dan firman-Nya: Sebab itu laki-laki akan meninggalkan ayah dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya itu menjadi satu daging. (Mark 10:4-5)

Manusia mempunyai banyak alasan untuk menentang Firman Allah, tetapi Tuhan lebih tahu apa yang ada didalam hati manusia. Manusia bila napsunya tidak dikekang akan bebas seperti kuda liar, yang akhirnya membawa malapetaka. Monogami adalah salah satu bentuk perintah Tuhan, untuk membuat kita belajar menawan hawa napsu dan hidup tertib di dunia ini.