S P A S I

Senin, 14 Juli 2008

Dosa tidak melakukan

Manusia mendefinisikan dosa, sebagai sesuatu yang dilakukan bertentangan dengan perintah Tuhan. Akibat melakukan dosa maka manusia pada akhir perjalanan hidupnya akan masuk neraka.

Ada orang-orang yang meng-klasifikasi dosa menjadi dosa besar, dosa kecil, dosa disengaja, dosa tidak disengaja dan seterusnya. Di dalam Alkitab dijelaskan tentang salah satu dosa yang tidak kita sadari. Dosa tidak melakukan.

Perumpamaan Tuhan Yesus tentang Lazarus dan Orang kaya menjelaskan hal tersebut. Disana diceritakan pada akhir hidup Lazarus, Lazarus masuk Surga sedangkan orang kaya masuk neraka. Orang kaya mempunyai pengetahuan tentang firman Allah dan dia termasuk salah satu pengajar Agama (berjubah unggu). Tetapi pada akhir hidupnya orang kaya masuk neraka? mengapa? karena orang kaya tersebut tidak melakukan sesuai yang dia tahu, mengenai Firman Tuhan.

Kata orang itu: Kalau demikian, aku minta kepadamu, bapa, supaya engkau menyuruh dia ke rumah ayahku, sebab masih ada lima orang saudaraku, supaya ia memperingati mereka dengan sungguh-sungguh, agar mereka jangan masuk kelak ke dalam tempat penderitaan ini. Abraham menjawab 'Mereka sudah punya buku-buku Musa dan buku para nabi! Biarlah mereka menuruti apa yang tertulis dalam buku-buku itu!'(Luk 16:27-29).

Banyak bagian dari Alkitab yang menekankan tentang perbuatan. Perbuatan sebagai bukti dari Iman dan seterusnya. Tapi yang dasyat, tidak melakukan sesuai dengan yang kita ketahui adalah dosa. Lebih baik mengetahui sedikit dan melakukannya, daripada tahu banyak tetapi tidak melakukan.