S P A S I

Sabtu, 23 April 2011

Kekuasaan dan Uang

Memperingati Jumat Agung tahun 2011, kembali saya mendapat beberapa pencerahan. Mengapa Yesus yang merupakan sosok yang baik yang melakukan pekerjaan-pekerjaan : menyembuhkan orang sakit, memberi makan ribuan orang, memberikan penghiburan bagi yang sedih, dan memberikan nasihat yang baik tentang hidup .. harus mati dikayu salib .. disejajarkan dengan para perampok dan penjahat kelas kakap.

Kematian dikayu salib merupakan salah satu kematian yang paling ekstrim saat itu, selain mengalami penyiksaan yang terus menerus secara fisik, dipertontonkan dihadapan orang-orang banyak membuat penyiksaan tersebut menjadi berlipat ganda, penyiksaan lahir dan batin. Mengapa Orang yang kita tahu dalam hidupnya berbuat baik dan banyak menolong orang harus diperlakukan seperti itu?

Kuasa adalah jawabannya!
Tuhan Yesus membawa kuasa, pengajaran-pengajarannya dan perbuatannya memberikan bukti bahwa Tuhan Yesus berkuasa, Dia berkuasa untuk : menyembuhkan orang sakit, menghidupkan orang mati, mengubah air menjadi anggur dan banyak mujizat lainnya. Bukan perbuatan baik Tuhan Yesus yang mereka takuti tetapi Kuasa yang Dia miliki menjadi penyebabnya. Tidak heran bila kekuasaan menjadikan manusia lupa daratan, dan bertindak seperti binatang!

Pertanyaan kedua, mengapa Yudas Iskariot yang merupakan murid Tuhan Yesus, yang kehidupan sehari-harinya sangat dekat dengan Dia, berniat menyerahkan Gurunya untuk di siksa, apakah pengajaran-pengajarannya tidak kurang baik secara manusia? Apakah penyebab dibalik hal itu?

Uang adalah jawabannya!
Dengan niat untuk mendapatkan beberapa uang, Yudas Iskariot berani berhianat, membalas kebaikan yang selama ini diterima dengan tindakan yang diluar pikiran humanisme! Uang sudah mengelapkan Yudas Iskariot akan arti kebenaran dan kebaikkan.

Kekuasaan dan Uang, merupakan dua hal pemicu terjadinya Jumat Agung. Dan saya percaya melalui kedua hal tersebut Allah bekerja untuk menggenapkan rencanaNya, yaitu penebusan Dosa manusia. Manusia mustahil bisa menyelamatkan dirinya dari hukuman dosa, tetapi melalui kematian Tuhan Yesus dikayu salib, Allah melihat pengorbanan tersebut.

Hati-hati dengan addicted kekuasaan dan uang.