S P A S I

Rabu, 11 Februari 2009

Tidak Ada Pendekar Kristen

Melihat keadaan peperangan di Timur Tengah antara Israel dan Hamas mengingatkan saya tentang cerita di Alkitab, peperangan antara Bangsa Israel dan Bangsa Filistin yang menjadi musuh bebuyutan sampai sekarang.

Media masa lokal dengan gencarnya memuat berita-berita yang mengerikan akibat rudal-rudal Israel yang mengenai anak-anak kecil. Anak-anak tidak bersalah menjadi korban, kata mereka. Dibumbui dengan kata-kata provokator dan ditambah dengan dendam kesumat terhadap bangsa Israel, maka muncullah manusia-manusia "pembela keadilan" yang siap mati berperang melawan bangsa Israel.

Ada beberapa gelintir manusia memanfaatkan suasana tersebut dengan provokator-provokator yang menimbulkan kebencian. Ibarat memancing di air keruh membuat suasana semakin panas.

Bagaiaman sikap kita sebagai orang kristen melihat keadaan tersebut? Sedih juga melihat anak-anak tidak bersalah menjadi korban peperangan akibat ketamakan orang-orang dewasa. Melihat anak-anak kecil yang cacat seumur hidup akibat peperangan.

"TUHAN akan berperang untuk kamu, dan kamu akan diam saja." (keluaran 14:14)

Sikap kita hendaknya berdoa, dan Tuhan yang akan bertindak. Membantu dan menolong mereka supaya peperangan cepat selesai atau bertanya-tanyalah kepada Tuhan ada apa gerangan yg terjadi. Janganlah menjadi reaktif dan akhirnya menjadi musuh Tuhan.