S P A S I

Rabu, 11 Februari 2009

Harta dan Orang Kristen

Kemudian ia membawa Yesus ke suatu tempat yang tinggi dan dalam sekejap mata ia memperlihatkan kepada-Nya semua kerajaan dunia. Kata Iblis kepada-Nya: "Segala kuasa itu serta kemuliaannya akan kuberikan kepada-Mu, sebab semuanya itu telah diserahkan kepadaku dan aku memberikannya kepada siapa saja yang kukehendaki. Jadi jikalau Engkau menyembah aku, seluruhnya itu akan menjadi milik-Mu." Tetapi Yesus berkata kepadanya: "Ada tertulis: Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu, dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti!" (Lukas 4:6-8)

Salah satu pencobaan yang dialami Tuhan Yesus dipadang gurun adalah pencobaan yang menawarkan semua isi dunia ini akan menjadi milik Tuhan Yesus. Apa jadinya bila Tuhan Yesus menerima tawaran tersebut. Agama kristen menjadi agama dunia, tidak ada penginjilan, harta melimpah .. semua kelihatannya enak.

Tetapi bagaimana sikap Tuhan Yesus. Tuhan Yesus mengatakan enyahlah kau iblis karena semua isi dunia ini adalah milik Allah. Artinya isi dunia ini hanyalah sementara dimiliki iblis. Kenikmatan sementara.

Tuhan Yesus memberikan contoh kepada kita bahwa tawaran menikmati harta dunia ini datang dari banyak cara. Salah satunya menukarkan iman kita dengan kejahatan. Kelihatan nikmat tetapi membawa maut.

Sikap kita sebagai pengikut kristus dalam melihat harta dunia ini hendaknya sama seperti Tuhan Yesus melihatnya. Bahwa harta dunia ini adalah sementara yang suatu saat akan diminta Allah peertanggung jawabanya.